.:Bisnis Ikan Hias

Lokasi yang berada di kecamatan Juwiring kabupaten Klaten ternyata memiliki kekayaan dan keunikan didalamnya. Tidak ada yang unik saat hanya menyebut nama lokasi tersebut, tanpa menyusuri secara dalam rekam jejak kultural di dalamnya. Juwiring merupakan pusat pengrajin payung unik yang terbuat dari bahan baku bambu yang dihias. Para pengrajin itu umumnya tinggal di desa yakni kewarasan, tanjung dan kaniban. Ketiganya memiliki warga yang amat tergantung dengan payung sekaligus hiasan ini. Seni warisan ini terlahir sejak era 1800-an, hingga kini masih diteruskan dan dijadikan sebagai mata pencaharian di ketiga desa tadi.

Seiring berjalannya waktu dan semakin pesatnya pertumbuhan pabrik besar, dengan perlahan tapi pasti pabrik besar mulai menggerogoti keberadaannya. Hingga kini jumlah pengrajin yang tersisa akibat imbas persaingan itu hanyalah tinggal 11 pengrajin saja, yang lainnya beralih profesi menjadi pedagang, petani ataupun sebagai pengrajin sangkar burung. Mereka mengatakan dapat bertahan sebagai pengarajin untuk jangka waktu yang cukup lama karena alasan untuk mempertahankan warisan leluhur yang memang harus diteruskan dan dilestarikan, kepercayaan keraton menjadi spiritnya. Pemilik sanggar payung wisnu mengaku mampu memproduksi 300 unit per bulan, harga berkisar antara 50.000-3,5 juta/unit. Harga yang ditentukan disesuaikan dengan ukurannya.

Untuk proses pembuatannya pun terbilang mudah, hanya proses melukis dan memberikan oranamen di atas payung saja yang agak sulit. Beberapa pengrajin menggunakan bahan dasar dari kertas semen dalam membuat payung hias tersebut, namun tetap saja menggunakan bambu untuk merangkai rangka payungnya. Meski keberadaanya mulai terpinggirkan, juwiring tetaplah memiliki sebuah catatan sejarah. Bahwa di wilayah ini dahulu terkenal dengan kerajinan payung hiasnya.

Posted on Januari 24, 2012, in kewirausahaan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: